Senin, 16 Juli 2018

[Review Buku + GIVEAWAY!] Catatan Hati Seorang Mahasiswa

Judul: Catatan Hati Seorang Mahasiswa

Penulis: Alief Aurum

Penerbit: Laksana

Tebal: 320 Hlm

ISBN: 978-602-407-398-5

Sinopsis
Geng Aurum dan kawan-kawan tengah kebingungan. Masa tinggal di asrama kampus akan segera berakhir dan mereka masih belum mendapatkan kontrakan untuk menetap di semester-semester selanjutnya. Berbagai tempat telah mereka datangi dan selalu ada kendala, entah kondisi kontrakannya atau biaya sewanya.

Hingga mereka mendapat kabar ada sebuah kontrakan kosong. Kali ini, suka atau tidak, mereka harus mendapatkannya, karena kalau tidak, mereka akan diusir dari asrama dan terancam menggembel di emperan toko. Hanya saja, mereka harus bersaing dengan geng Alfi yang juga sedang mencari kontrakan.

Persaingan memanas sampai tahap saling meninggikan harga DP kontrakan hingga sampai angka 20 juta untuk Geng Aurum. 

Tapi, bagaimana mereka mendapat uang sejumlah itu dalam waktu sebulan? Makan sehari-hari saja tidak tentu. Dan cerita pun dimulai.

Ulasan
Saya baru menjadi mahasiswa baru tahun ini dan novel ini cukup memberikan gambaran tentang kehidupan kampus, terutama lingkungan persahabatan dan organisasi-organisasi yang ada. Alih-alih bercerita tentang tugas, dosen killer, atau segala hal akademik yang ada di kampus, novel ini lebih menitikberatkan pada kehidupan sebagai mahasiswa, yang mana cenderung berasosiasi dengan kesederhanaan dan perjuangan bertahan hidup secara mandiri atau dalam kasus geng Aurum, perjuangan mendapatkan 20juta dalam sebulan.

Cerita disampaikan dengan santai dan mengambil jalur komedi sebagai penyegar. Saya tertawa di banyak bagian dan sesekali bingung terhadap lelucon yang disampaikan. Inilah kesulitan terbesar penulis komedi: membuat lelucon yang lucu untuk semua orang. Padahal selera setiap orang berbeda-beda. Saya sendiri cukup terhibur namun tidak bisa menjamin kalian juga akan sama terhiburnya dengan saya ketika membaca sendiri, karena mungkin referensi dan selera kita berbeda.

Keunikan yang dimiliki novel ini adalah ia dikemas seperti sebuah skenario film. Jadi, di beberapa bagian kita akan menjumpai istilah macam latar tempat dan waktu yang disampaikan secara gamblang. Ada juga narasi tentang pergerakan kamera dan juga segala hal-hal yang sering kita temui dalam adegan film. Bagi saya ini cukup membantu sekaligus merepotkan. Membantu karena kita bisa dengan mudah membayangkan adegan tersebut seolah-olah menonton film di kepala kita. Merepotkan karena seringnya pergantian tempat dan suasana hingga menuntut pembaca untuk cepat menyesuaikan kondisi yang baru.

Yang agak mengganggu saya adalah banyaknya karakter yang terlibat. Bahkan saya seringkali bingung membedakan suara sebagian dari mereka, karena tidak mempunyai cirri khusus. Dan juga mereka dimunculkan hampir bersamaan, bukan satu persatu, jadi agak sulit untuk mengingat satu-satu. Kadang saya kuwalahan mengingat-ingat siapa berwatak apa dan sejenisnya.

Terlepas dari itu semua, novel ini akan menjadi teman yang cukup menghibur untuk dibaca kala senggang atau sedang menunggu seseorang. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dan tentu saja akan membentuk gambaran baru tentang dunia perkuliahan dan kehidupan mahasiswa.

Sekarang waktunya giveaway!

Akan ada SATU pemenang yang akan mendapatkan novel ‘Catatan Hati Seorang Mahasiswa’ dari DIVA Press secara GRATIS dan syaratnya pun sangat mudah. Berikut persyaratan yang HARUS kalian penuhi:
1.      Follow twitter @divapress01 dan @laksana_fiction, atau like FB “Penerbit DIVA Press”
2.      Follow blog ini, boleh via email atau akun blogger (tulis di komentar ya follow via apa dengan nama apa)
3.      Follow twitter atau instagram @Edwinfauqon
4.      Sebarkan informasi tentang giveaway ini di twitter atau instagram dan jangan lupa tag akun saya.
5.      Hanya untuk WNI yang tinggal di Indonesia atau wilayah NKRI
6.      Jawab pertanyaan ini di kolom komentar postingan ini:
“Seberapa penting pendidikan buatmu? Alasannya?”
Sebelum menjawab, tulis nama, domisili, akun twitter/instagram kamu, follow blog ini dengan apa, lalu  jawaban kamu.
7.      Giveaway berlangsung selama tujuh hari mulai tanggal 16 juli hingga 22 juli dan pengumunan bisa dilihat di blog ini sehari setelah tenggat waktu atau tanggal 23 juli.

Selamat menjawab dan semoga beruntung!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar