Sabtu, 31 Mei 2014

[Review] The Hound of The Baskervilles - Anjing Setan



Penulis: Sir Arthur Conan Doyle
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 292
ISBN: 9789792290158


"Ada orang-orang yang tidak memiliki kejeniusan, tapi mampu merangsangnya."--(hal. 7)

Holmes mendapatkan sebuah misi baru. Meskipun kasus seperti itu tak bisa dipisahkan dengan dirinya. Kasus pembunuhan. Akan tetapi, untuk kali ini apa yang akan ia hadapi berbeda. Jika kasus-kasus sebelumnya, dan kebanyakan cerita detektif lainnya, dugaan pembunuhnya adalah sama-sama manusia. Yang mungkin punya rasa dendam ataupun dengan sang korban.

Laporan yang ia dapat dari Dr. James Mortimer, teman korban, menyatakam bahwa kaematian Sir Charles dikarenakan legenda buruk turun-temurun keluarga Baskervilles. Karena, di tempat Sir Charles dibunuh, tak ada tanda-tanda kekerasan fisik ataupun jejak sang pembunuh. Yang di temukan hanyalah jejak seekor anjing yang lebih besar dari biasanya. Hal ini membuat pernyataan bahwa Sir Charles di bunuh oleh Anjing Setan dari Neraka semakin menguat.

Tapi, baik Holmes maupum Dr. Watson tak percaya akan hal itu. Dan jika kau tak percaya pada suatu hal, yang harus kau lakukan adalah membuktikannya. Namun kali ini Holmes tak bisa. Ia tak bisa pergi menuju Rumah bangsawan tua yang meninggal itu--untuk menyelidiki kasus ini.

Mereka berdua hampir mengahdapi kebuntuan untuk memecahkan kasus ini, sampai yang pewaris kekayaan keluarga Baskevilles muncul, Sir Henry Baskervilles. Tak hanya harta yang diwariskan padanyaa, tapi juga legenda buruk yang selama ini telah menjadi cerita menakutkan yang menimpa beberapa anggota keluarganya, termasuk Sir Charles Baskervilles, ayahnya sendiri.

Berbekal rasa penasaran pada kasus ini, Dr.Watson memutuskan pergi sendiri tanpa Holmes ke Rumah Baskervilles untuk mencari jawaban mengenai apakah benar Bangsawan Tua itu dibunuh oleh Anjing setan.

Sesampainya di rumah Baskervilles yang di kelilingi oleh rawa-rawa, banyak hal aneh yang Watson temui. Seperti cerita tentang seorang buronan polisi yang lari ke dalam rawa-rawa untuk bersembunyi, pembantu yang tiap tengah malam keluar dan sangat mencurigakan, hingga keluarga Stapleton yang aneh.

Semua hal yang ia dapatkan di sana terasa aneh. Tak lazim. Dan ia menceritakan semua pada Holmes, yang tidak ikut bersamanya dan masih di tempat tinggalnya, Baker Street. Mereka saling bertukar surat. Berbagai macam kesimpulan ia katakan Holmes, yang sangat ahli memecahkan sebuah masalah. Tapi jawabannya masih belum di temukan.

Di tengah penyelidikan, Dr. Watson mendapat suatu bantuan yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya. Dan dengan 'bantuan' itu ia semakin semangat untuk memecahkan kasus ini.

Dan ternyata..... Baca sendiri bukunya! Biar tau!

"Sejujurnya, dengan memperhatikan kesalahanmu, terkadang aku justru mendapatkan kebenaran."--(Hal. 8)

br />
"Dunia ini penuh dengan hal-hal elas yang siapa pun bisa mengamatinnya secara kebetulan."--(Hal. 44)

"Ada orang-orang yang tidak memiliki kejeniusan, tapi mampu merangsangnya."--hal. 7